Casual Hijab Style, Busana muslim modern

Pages

14 April, 2013

Sabda Rasulullah tentang Hijab



Demi mematuhi perintah Allah dan Rasulullah. Masih ingatkah  kisah setelah Rasulullah menyampaikan turunnya wahyu mengenai perintah berhijab yaitu Q.S. An Nuur ayat 31.  

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (Kerudung) kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (An-Nur:31).

Berdasar riwayat Imam Bukhari bahwasannya Aisyah RA bertutur kisah mengenai kondisi saat itu: Ketika turun ayat (‘…dan hendaklah menutupkan kudungnya ke dada mereka…’) maka para wanita segera mengambil kain sarung, kemudian merobek sisinya dan memakainya sebagai hijab [HR. Bukhari]. Subhanallah, dengan segera, yang demi mematuhi perintah Allah, hingga mereka merobek sarung untuk jilbab darurat di kala itu. Begitu cepatnya mereka merespon perintah Allah tersebut. Subhanalloh.


Hey Kerudung dan Jilbab itu beda loh :)
kalau dalam surah ini An Nuur 31 bukan mengenai jilbab, tetapi mengenai kerudung.. kerudung dalam kitab Imam Al Qurthubi bahwasanya kerudung adalah kain yang hnya menutupi kepala, bahu hingga dada wanita. sedangkan jilbab itu d bahas dalam surah Al Ahzab ayat 59 :  “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin “Hendaklah mereka menutupkan jilbab ke seluruh tubuh mereka” yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”.
Jadi jilbab di artikan baju yangg ukurannya besar dari kerudung yang fungsinya menutupi dan mengulurkan ke seluruh tubuh, yg biasa kita sebut “gamis” yangg pnjang melewati mata kaki, tidak ketat, tidak sempit, tidak tipis dan tidak transparan, itulah Jilbab :)
Dan Kerudung adalah apa-apa yang menutupi auratnya hingga menutupi dadanya .. :D

Sungguh Indahnya dan Baiknya Islam ini pada Muslimah bukan? Untuk Menjaga kita.. Sabda Alloh SWT
Subhanalloh..Subahanalloh..